Begini Caranya Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Selama Ramadhan

067643400_1497857676-Menjaga-Gigi-Tetap-Sehat-selama-Ramadhan

Begini Caranya Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Selama Ramadhan – Selama bulan suci Ramadhan, memelihara kesehatan gigi dan mulut tetap mutlak supaya kegiatan lancar. Jika absen menyikat gigi sekali saja, bisa-bisa Anda mengalami bau mulut.

Ya, tidak benar satu persoalan yang kerap dijumpai kala berpuasa adalah bau mulut. Sebetulnya, bau mulut lumrah berlangsung pada orang yang berpuasa dikarenakan memproduksi air liur berkurang. Namun, persoalan gigi dan mulut—seperti karies gigi, karang gigi, ataupun peradangan gusi—dapat memperberat kondisi bau mulut ini.

Bau mulut berlangsung akibat kegiatan bakteri yang memetabolisme protein dan glukosa, yang terkandung pada air liur dan sisa makanan yang tertinggal di permukaan gigi. Aktivitas ini bakal membuahkan senyawa berbentuk gas yang mengandung sulfur. Nah, gas inilah yang menyebabkan bau napas tak sedap.

Pada orang bersama kebersihan gigi dan mulut yang buruk, bakteri yang berkoloni jauh lebih banyak daripada rongga mulut yang sehat. Selain itu, karang gigi menjadi tempat bakteri tumbuh subur, terlebih bakteri anaerob yang merupakan penghasil gas sulfur penyebab bau mulut.

Studi juga membuktikan, bakteri anaerob ini puas menghuni permukaan lidah yang tidak dulu dibersihkan. Jadi, kala ada penumpukan sisa makanan, di sinilah bakteri anaerob bakal menghinggap.

Oleh dikarenakan itu, kebersihan gigi dan mulut menjadi tidak benar satu kunci kenyamanan kala berpuasa Ramadhan. Sikat gigi sebelum akan tidur tak boleh terlewatkan, terlebih bersama pasta gigi yang mengandung fluoride dan potassium nitrate.

Bahan-bahan aktif selanjutnya efektif dalam memelihara gigi berasal dari serangan bakteri, dan keduanya ada pada pasta gigi Sensodyne.

Saat menyikat gigi, lidah sebaiknya turut disikat bersama perlahan. Perhatikan juga sikat giginya; pilihlah sikat gigi bersama bulu sikat yang lembut supaya tidak mengiritasi gusi.

Obat kumur juga sanggup menunjang memelihara dan memperkuat gigi. Namun, memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol dikarenakan sanggup menyebabkan rongga mulut menjadi kering.

Jika Anda mengalami persoalan gigi dan mulut, jangan sangsi untuk memeriksakan diri ke dokter gigi meski sedang berpuasa. Prosedur perawatan gigi tetap sanggup dikerjakan tanpa membatalkan puasa. Namun, seandainya Anda ragu, kunjungan sanggup dikerjakan sesudah kala berbuka puasa.

Baca Juga :

Iklan

Penulis: Oliver Owens

Wanita muda sederhana dengan tekad besar untuk mencapai cita - cita dan berbagi sesama. Hobi jalan - jalan, membaca, dan menulis sesuatu yang bermanfaat. Livsehat.id, website informasi kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup nomor 1 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s